Rabu, 23 November 2011

LEMPOK LOMBOK


Makanan khas tradisional suatu daerah adalah makanan asli suatu daerah yang resep dan cara pembuatannya berasal turun temururn dari nenek moyang. Saat ini makanan khas tradisional suatu daerah mulai jarang dikenal dan jarang ditemui oleh masyarakat bahkan di daerah asal makanan itu sendiri. Generasi muda misalnya saat ini bahkan hampir tidak mengenal apa makanan khas tradisional dari daerahnya. Padahal sebenarnya makanan khas tradisional dari daerahnya tersebut banyak dan bermacam-macam jenisnya.Justru fenomena saat ini yang sering dijumpai adalah orang asing yang lebih menyukai dan tertarik makanan khas tradisional suatu daerah di Indonesia, bukan masyarakat aslinya.
Di pulau lombok misalnya, banyak sekali makanan khas dari daerah ini yang tidak semua kalangan muda tau tentang itu. Sehingga secara perlahan makanan-makanan tersebut digantikan dengan makanan-makanan modern yang lebih enak dan praktis, sehingga makanan khas daerahnya dilupakan. Padahal makanan khas dari daerah ini sangat beragam jenisnya antara lain :
*      Kaliadem : sejenis makanan yang terbuat dari gula jawa dengan campuran tepung beras yang sangat bermanfaat untuk menjaga ketahanan tubuh.
*      Bajik : sejenis makanan yang terbuat dari beras hitam yang dicampur dengan gula jawa yang cara pembuatannya sangat khas dari daerah ini
*      Poteng benaun : sejenis makanan yang terbuat dari beras hitam yang dicampur dengan tape, makanan khas yang satu ini proses pembuatannya memang sangat membutuhkan kesabaran dari sipembuat karna prioses pengadukannya hingga mencapai 7 jam full tidak boleh berhenti sebelum poteng benaun ini sudah membentuk seperti yang diinginkan, makanan khas ini hampir sama khasiatnya dengan kaliadem yaitu menjaga stamina dan membuat otak menjadi fress.
*      Keceprut : sejenis makanan yang terbuat dari bahan dasar tepung beras yang dicampur dengan lenge yang membuat makanan ini menjadi lebih legit dan mempunya tingkat gizi dan baik
*      Potenk : sejenis makanan yang terbuat dari bahan dasar beras hitam “ Reket “ yang prose pembuatannya membutuhkan waktu 1 mingguan, makanan khas ini sampai saat ini masih banyak yang menggemarinya khususnya di pulau lombok baik yang berusia tua ataupun dari kalangan muda dikarenakan makanan ini sangat berkhasiat sebagai penambah semangat kerja dan menyehatkan tubuh akan tetapi makanan ini tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan karna mempunyai efek yang tidak baik tetapi efek tersebut bersifat sementara.
      Peyek : sejenis makanan yang terbuat dari tepung terigu yang dilarutkan dengan biji kedelai dan kemudian digoreng, makanan ini sangat pas konsumsi pada waktu-waktu rileks yaitu sebagai makanan pendamping kopi yang tingkat gizinya juga amat banyak.
*      Pangan : sejenis makanan yang terbuat dari banyak kandungan rempah-rempah seperti sang, kunyit, jahe, ginseng yang sangat baik bagi tubuh, proses pembuatan makanan khas yang satu ini sama dengan potenk benaun yang membutuhkan sesabaran dalam proses pembuatannya.
*      Nage sari : sejenis makanan yang terbuat dari tepung beras yang sudah di kentalkan yang isi dalamnya disisi dengan pisang ataupun nagka, durian, dll, makanan ini sangat ekonomis dan mempunyai cita rasa yang enak dan disukai banyak orang khususnya di pulau lombok.
*      Lempok : sejenis makanan yang terbuat dari bahan dasar gula jawa dan ubi kayu yang berkhasiat menyembuhkan beberapa penyakit seperti Reumatik, Demam, Sakit kepala, Diare, Cacingan, Mata kabur; Nafsu makan, Luka bernanah, Luka baru kena panas. Makanan khas yang satu ini sudah mulai ditinggalkan oleh kalangan muda khususnya dilombok karna tergantikan dengan makanan-makanan modern yang lebih ekonomis.
*      Gobet : sejenis makanan dengan bahan dasar ubi kayu dan air nira yang mempunyai banyak khasiat bagi tubuh.
*      Pelecing kangkung : senenis makanan yang bisa di jadikan lauk. Sesuai namanya makanan khas yang satu ini terbuat dari bahan dasar kangkung yang dicampur dengan parutan kelapa yang kemudian di lumuri dengan sambal. Makanan khas ini yang masih sangat terkenal disemua kalangan khususnya dilombok yang makanan-makanannya terkenal pedas, dan ini adalah salah satunya. Hampir semua orang yang berwisata ke daerah ini mencoba bagaimana rasa makanan khas yang satu ini.
Salah satu yang menarik perhatian kami adalah lempok. Makanan khas yang satu ini selain mempunya nama yang unik juga meggandung gizi dan vitamin yang sangat di butuhkan oleh tubuh, karna bahan dasar pembuatan lempok ini yaitu ubi kayu, buah ubi kayu mengandung ( per 100 gram ) : Vitamin B1 0,06 mg dan Vitamin C 30 mg - dan 75 % bagian buah dapat dimakan.
Ketidak puasan manusia terhadap sesuatu yang diamilikinya membuat seseorang ingin terus mendapatkan sesuatu yang baru yang menurut mereka itu lebih ekonomis dan menarik perhatian. Padi merupakan bahan dasar makanan yang akan diolah menjadi beras yang mempunyai tingkat karbohidrat yang tinggi, akan tetapi keberhasilan penanaman padi sangat tergantung dengan musim, dengan musim yang tidak menentu akan mengganggu pertumbuhan dan hasil panen padi natinya sehingga petani akan mengalami kerugian, sehingga kerugian yang dialami oleh petani-petani padi, akan berdampak ke pendistribusian padi ke beberapa daerah dan menjadikan harga beras menjadi mahal. Untuk menjadikan beras bukan satu-satunya makanan yang membuat tubuh menjadi fit kembali masyarakat khususnya di lombok menjadikan ubi kayu menjadi makanan pengganti beras, selain harga yang ekonomis juga mempunyai kandungan karbohidrat  yang tinggi. Masyarakat dilombok menjadikan ubi kayu menjadi makanan berpariasi dan salah satunya yaitu lempok yang menjadi pilihan untuk kami jadikan inovasi selain itu adalagi pariasi lain selain lempok yang gobet, makanan ini juga terbuat dari bahan dasar ubi kayu yang sudah direbus kemudian dicampur dengan air gula, akan tetapi makanan ini hanya mampu bertahan 4-5 jam setelah itu akan basi.
Lempok mempunyai rasa yang enak yang disukai semua kalangan khususnya di lombok, akan tetapi kelemahan dari makanan khas ini yaitu  hanya bisa bertahan selama 3-4 hari setelah itu makanan ini kan basi. Akan tetapi ini adalah salah satu alasan kami menjadikan lempok sebagai inovasi kami, untuk memanjangkan masa basi dari lempok ini kami berinovasi untuk membuat kripik lempok, dimana dengan dibuatnya lempok menjadi kripik lempok tidak akan mengurangi tingkat rasa dan gizinya dan praktis untuk dihidangkan.
Khusus untuk makanan khas tradisional yang satu ini, sama sekali belum dikenal oleh orang asing. Kami memiliki tujuan selain menaikkan permintaan pasar lokal akan lempok, juga mengenalkan kripik lempok pada masyarakat internasional. Berharap kripik lempok bisa go internasional, tidak hanya dikenal dan terkenal di daeranya saja namun juga di daerah luar bahkan luar Indonesia.
A.     PERUMUSAN MASALAH
1.    Apa sajakah bahan dan alat pembuatan “KRIPIK LEMPOK LOMBOK”?
2.    Bagaimana proses pembuatan “KRIPIK LEMPOK LOMBOK”?
3.    Bagaimana peluang usaha “KRIPIK LEMPOK LOMBOK”?
B.     TUJUAN
1.    Mengetahui bahan dan alat pembuatan  “KRIPIK LEMPOK LOMBOK”
2.    Mengetahui proses pembuatan “KRIPIK LEMPOK LOMBOK”
3.    Mengetahui peluang usaha “KRIPIK LEMPOK LOMBOK”

C.    LUARAN YANG DIHARAPKAN
Tercipta makanan sehat yang mengenyangkan dan digemari oleh seluruh kalangan masyarakat dalam satu produk, yaitu Kripik Lempok Lombok.





D.    KEGUNAAN
Dengan terlaksananya program

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes